Wejangan Sunan Kalijaga Dalam Bahasa Jawa

Friday, August 3rd 2018. | Artikel Bermanfaat

SMS/Telp/WA +6281 334 219 277

Wejangan Sunan Kalijaga Dalam Bahasa Jawa

Paranormalbali.com – Wejangan Sunan Kalijaga Dalam Bahasa Jawa. Sosok Sunan Kalijaga hingga hari ini sangat lekat di ingatan masyarakat Indonesia, khususnya suku Jawa. Beliau adalah satu dari sembilan wali yang telah berdakwah menyebarkan Islam di tanah Jawa. Ia dikenal sangat piawai melakukan dakwah dengan pendekatan tradisi, yang membuat hati masyarakat dan penguasa tanah Jawa terpikat dan berbondong-bondong memeluk agama Islam.

Kombinasi ilmu agama yang mumpuni dan jiwa seni yang tinggi membuatnya menjadi tokoh teladan yang meninggalkan banyak warisan budaya bernuansa Islam hingga kini. Ada sebuah peninggalan Sunan Kalijaga yang amat dikenal sampai sekarang bahkan sering dinyanyikan, yaitu berupa lagu Lir Ilir. Lagu ini menjadi wejangan Sunan Kalijaga bagi seluruh umat Islam yang ada di dunia ini. Wejangan Sunan Kalijaga ini memiliki arti yang mendalam bila kita tafsirkan

Wejangan Sunan Kalijaga Dalam Bahasa Jawa

Wejangan Sunan Kalijaga Dalam Bahasa Jawa

3 Nasihat Sunan Kalijaga Lewat Lakon Semar – Sosok Eyang Semar sesungguhnya sudah dikenal masyarakat Jawa jauh sebelum Kanjeng Sunan Kalijaga lahir. Nama Semar sendiri bisa ditemukan misalnya dalam kakawin Siwa Sogata, Sanghyang Nawaruci dan Sudamala (yang juga terdapat dalam relief di Candi Sukuh). Beliau dipahami sebagai prototipe manusia Jawa sejati, sosok paripurna yang telah menemukan jati dirinya. Manusia Jawa sejati adalah ia yang senantiasa sadar diri, tahu diri, “sumeleh ing pamikir” (bersikap rendah hati dalam berpikir) dan “sumarah ing karep” (memasrahkan seluruh keinginan pada kehendak Gusti).

1. Ojo ngaku pinter yen durung biso nggoleki lupute awake dewe (Jangan mengaku pintar jika belum bisa mencari kesalahan di dalam diri sendiri).

2. Ojo ngaku unggul yen ijeh seneng ngasorake wong liyo (Jangan mengaku unggul jika masih senang merendahkan orang lain).

3. Ojo ngaku suci yen durung biso manunggal ing Gusti (Jangan mengaku suci jika masih belum bisa menyatu dengan Gusti).

Baca juga : 1001 Ajian Sakti Islam Dan Jawa Warisan Leluhur

10 filosofi Jawa ajaran Sunan Kalijaga.

1. Urip iku urup, artinya Hidup itu Nyala! Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita. Semakin besar manfaat yang bisa kita berikan, tentu akan lebih baik.

2. Memayu hayuning bawana, ambrasta dur hangkara, artinya Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan, serta memberantas sifat angkara murka, serakah, dan tamak

3. Sura dira jaya jayaningrat, lebur dening pangastuti, artinya Segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati, dan sabar.

4. Ngluruk tanpa bala, menang tanpa ngasorake, sekti tanpa aji-aji, sugih tanpa bandha, artinya Berjuang tanpa perlu membawa massa; menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan, kekayaan atau kekuasaan, keturunan; kaya tanpa didasari kebendaan.

5. Datan serik lamun ketaman, datan susah lamun kelangan, artinya Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri! Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu!

6. Aja gumunan, aja getunan, aja kagetan, aja aleman, artinya Jangan mudah terheran-heran! Jangan mudah menyesal! Jangan mudah terkejut-kejut! Jangan mudah kolokan atau manja!

Baca juga : Pantangan Memakai Kayu Stigi

7. Aja adigang, adigung, adiguna, artinya Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti!

8. Aja milik barang kang melok, aja mangro mundak kendho, artinya Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, dan indah! Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat!

9. Aja kuminter mundak keblinger, aja cidra mundak cilaka, artinya Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah! Jangan suka berbuat curang agar tidak celaka!

10. Aja ketungkul marang kalungguhan, kadonyan lan kemareman, artinya Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan, dan kepuasan duniawi!

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Wejangan Sunan Kalijaga Dalam Bahasa Jawa. Semoga apa saja yang Anda baca di situs kami ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan bagi semuanya.

Pencarian terkait : nasehat sunan kalijaga bahasa jawa, pitutur jawa sunan kalijaga, wejangan sunan kalijaga kepada muridnya, pesan sunan kalijaga kepada muridnya, kata kata romantis sunan kalijaga, filosofi kehidupan sunan kalijaga, nasehat sunan bonang kepada sunan kalijaga, pesan terakhir sunan kalijaga

Pencarian terkait:

Konsultasi Paranormal
tags: ,